Belimbing Manis (Buah)

Punya pohon belimbing manis (Averrhoa carambola) sendiri memang menyenangkan, apalagi jika buahnya besar-besar dan manis. Tumbuhan ini tidak mengenal musim dalam berbuah.

Setiap hari selalu ada yang datang ke rumah, dan herannya mereka sudah membawa kantong plastik dari rumahnya, dan minta dengan alasan untuk obat darah tinggi, yang tak ketinggalan lagi untuk istrinya yang lagi ngidam.

Apa benar sih, belimbing begitu berkashiat? Berikut ini cuplikan artikel dari sebuah koran "Suara Merdeka"

Di Jawa Tengah, belimbing buah yang cukup terkenal berasal dari Demak. Buahnya besar, rasanya amat manis, dan kandungan airnya cukup banyak, sehingga terasa segar jika dikonsumsi.

Pengobatan Tradisional

Dalam pengobatan tradisional, kita dapat menangguk berbagai manfaat dari belimbing manis. Bagian yang digunakan adalah bunganya, dengan nama Simplisia Averrhoa Fios; akar (Averrhoa Radix); buah, dan daun.

Dalam literatur Tanaman Obat Indonesia (TOI) disebutkan, bunga belimbing buah memiliki sifat khas manis dan menetralkan. Adapun buahnya memiliki sifat khas asam, manis, dan menetralkan. Akar dan daunnya bersifat khas asam, kelat, dan menetralkan.

Dengan sifat khas dan kandungan kimia berupa glukosida, vitamin B, dan vitamin C, bunga belimbing manis memiliki khasiat sebagi antipiretik dan ekspektoran.

Buahnya berkhasiat sebagai antiinflasi, analgesik, dan diuretik.

Sedangkan akarnya berkhasiat sebagai antiinflasi dan diuretic, serta daunnya sebagai antiinflasi, antipiretik, dan diuretik.

Bunga belimbing manis dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak-anak.

Buahnya, selain untuk penyembuhan batuk, juga digunakan untuk mengatasi demam, kencing manis, kolestrol tinggi, dan sakit tenggorokan.

Akar untuk sakit kepala dan nyeri persendian (rematik), serta

Daun untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah (obat luar), dan bisul (obat luar).

Untuk radang lambung, ramuan yang diperlukan adalah enam gram daun belimbing manis, delapan gram rimpang kunyit segar, tujuh gram rimpang temu kunci, dan 110 ml air. Ramuan tersebut dibuat infus atau diseduh, diminum sehari sekali setiap pagi sebanyak 100 ml selama 14 hari.

0 comments:

My Sponsor

DonkeyMails.com: No Minimum Payout